Tuesday, March 27, 2012

Tentang Saya, IPC, dan Dunia Baru

Halo... yes I'm back, kembali dengan membawa cerita yang udah kecampur-campur. Ini tentang dunia baru yang gue jalani. Ini yang dikasih, ya ini yang gue syukuri. Ya, gue bekerja untuk tempat yang baru sekarang, otomatis kehidupan gue juga banyak berubah... pendek kata, saat ini gue bukan lagi bekerja untuk Ernst & Young, melainkan Indonesia Port Corporation (IPC) atau yang lebih dikenal dengan PT. Pelabuhan Indonesia II. Sedikit cerita, berawal dari tekad kuat ingin mencari pengalaman kerja yang baru, gue pun ikut rekrutmen yang diselenggarakan IPC di bulan September 2011. Lolos dari seleksi awal yaitu administrasi, gue dijadwalkan untuk ikut tes psikotes tanggal 5 November yang disusul dengan wawancara psikologis dari pihak PPM Manajemen di tanggal 7 November. Di tanggal 15 Desember, peserta yang lolos harus mengikuti tes Toefl yang diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa LIA Pramuka. Setelah itu, pemeriksaan kesehatan pun harus kami jalani di tanggal 28 Desember di RS Port Medical Center Jakarta. Sebagai penentu, yang terakhir yang harus kami jalani adalah wawancara user, karena berasal dari jurusan komunikasi, saat itu gue dihadapkan dengan orang-orang di corporate secretary, dan semuanya nice, I called it chemistry, lebih dari itu.. I'm lucky :)

Dan akhirnya, tepat 2 bulan lalu yaitu pada tanggal 27 Januari 2012, berbekal nomor undian ZBW206478 itulah gue dan 83 orang lainnya dinyatakan lolos tes tahap akhir dan diminta untuk hadir pada pengarahan tanggal 6 Februari 2012. Sungguh momen indah yang sangat gue syukuri, meskipun gue tau ada banyak tetek bengek yang harus gue urus pasca berita baik itu. Gue harus urus kerjaan lama, kuliah, dsb yang sangat sangat nggak gampang. Beruntung gue punya temen-temen yang super baik dan support gue, tanpa mereka... gue nggak akan hidup tenang, hahaha...

Setelah hari itu, banyak ritual yang harus gue jalani sebagai anak baru di IPC. Diklat selama 8 hari di Pusat Pelatihan Kepelabuhanan (P2K) dan  diklat kesamaptaan selama 2 minggu di Sekolah Polisi Negara (SPN) Lido banyak banget bawa cerita suka duka, lahalaaaahhhh.......

2 tahapan itu juga yang akhirnya membawa gue dan 81 (ilang 2) anak lainnya saat ini menjalani On the Job Training (OJT) di cabang yang berbeda-beda. Pembacaan cabang itu menjadi momen yang paling ditunggu karena menyangkut kehidupan selama 3 bulan ke depan.

"Bengkulu.... Wuri Hendrayani, blablabla....."
Kira-kira begitu bunyi pengumuman yang dibarengi dengan surat perintah.
Jadilah awak dan 8 ekor lainnyo sekarang merantau ke Bengkulu.



***

No comments:

Post a Comment