Wednesday, June 23, 2010

FYI - Rajab's Issue

Bicara soal bulan Rajab, tentunya Saya bukanlah sumber yang pas untuk memberikan informasi yang akurat seputar segala kebaikan di bulan ini (yaiyalah, perilaku saja masih minus) tetapi berbagi memang tidak ada salahnya, apalagi untuk kebaikan.

Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan dimana keutamaan berpuasa di bulan ini menjadi incaran kaum muslim. Meskipun hukumnya sunnah, namun kemampuan untuk menjalankannya membawa kebaikan tersendiri loh. Berdasarkan sebuah sumber yang Saya baca, kira-kira inilah keutamaan berpuasa di bulan Rajab ditilik dari beberapa hadis :

  • "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka Jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu sorga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan."
  • Riwayat al-Thabrani dari Sa'id bin Rasyid: Barangsiapa puasa sehari di bulan Rajab maka laksana ia puasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka Jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu sorga, bila puasa 10 hari Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."
  • "Sesugguhnya di sorga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut".
  • Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi saw berkata: "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku." 

Saya sendiri lebih suka menjadikan puasa-puasa sunnah tersebut sebagai anjuran yang membawa kebaikan, apapun itu bentuknya. Saya memulai puasa di hari Senin, itupun untuk puasa mengganti di bulan Ramadhan lalu, hehe! karena setelah Rajab sebaiknya hutang puasa kita sudah LUNAS (terimakasih infonya) dan kini Saya hanya mengaplikasikan beberapa informasi seperti berpuasa pada 1 Rajab (14 Juni) dan insya Allah nanti pada 27 Rajab (10 Juli). Ada pula sumber yang mengatakan puasa di bulan Rajab baik dilakukan pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu secara berurut. Pada intinya, lakukan sesuatu yang baik dengan lillahitaa'la atau anggaplah semua yang baik tentu akan diganjar dengan berkah yang baik pula. Aminn

Dang! too late to goin sleep actually
Oya, Saya share satu resep masakan sederhana
untuk tambahan sahur nanti di Culinary
Saya buat sehabis pulang kerja tadi karena tiba-tiba terngiang akan aromanya
Makanan favorit Saya

Sleep tight everybody  :)

***

2 comments:

  1. aminnn,, :)
    akhirnya temanku yang satu ini menuju jalan yang benar,,
    semoga Allah cepat memberi mu jodoh ya nak,,

    wekekekek

    ReplyDelete
  2. hiii, jorokin niiihhh
    amin *teteup amin*

    ReplyDelete